Enam Planet Alien Yang Mirip Seperti Bumi

Untuk memenuhi syarat sebagai planet yang dapat ditinggali manusia, sebuah planet harus relatif kecil dan berbatu, dan berputar pada zona yang dapat ditinggali pada bintangnya.
(Source: www.pexels.com)

Seperti yang diketahui oleh banyak masyarakat, bumi adalah satu-satunya planet yang dapat ditinggali oleh manusia. Selain itu, bumi merupakan planet yang tidak hanya memiliki cuaca yang tidak ekstrim, tetapi juga lengkap dengan sumber daya yang dapat dimanfaatkan oleh manusia.

Menemukan planet yang mirip dengan bumi merupakan sebuah mimpi bagi para ahli astronomi. Tidak hanya hal tersebut merupakan sebuah temuan yang besar, tetapi penemuan planet yang dapat ditinggali oleh manusia adalah sebuah trobosan baru yang sangat mumpuni. Hal ini disebabkan karena kondisi bumi yang sudah kritis. Tidak hanya mulai terjadinya kelebihan populasi di sebagian negara, tetapi juga polusi udara yang sudah semakin parah. Hal tersebut menyebabkan para ahli astronomi saling berlomba untuk mencari tempat tinggal baru sebagai pengganti bumi.

Dimulai sejak tahun 1995 hingga sekarang, para ilmuwan telah menemukan hampir 2 ribu planet alien yang memutari sebuah bintang yang mirip dengan matahari. Sebagian dari temuan tersebut dilakukan oleh teleskop luar angkasa milik NASA bernama Kepler. Teleskop tersebut diluncurkan pada tahun 2009 dalam sebuah misi untuk menentukan seberapa banyak planet alien yang mirip dengan bumi sedang berada di galaksi Milky Way. Observasi Kepler tersebut menunjukkan bahwa planet kecil berbatu yang mirip dengan bumi sangatlah banyak dan tersebar di galaksi. Bahkan beberapa di antaranya memiliki kemungkinan untuk dapat ditinggali oleh manusia.

Untuk memenuhi syarat sebagai planet yang dapat ditinggali manusia, sebuah planet harus relatif kecil dan berbatu, dan berputar pada zona yang dapat ditinggali pada bintangnya. Hal tersebut secara kasar dapat dikatakan sebagai sebuah lokasi yang mana air berbentuk cairan dapat ditemukan dalam planet tersebut. Ketika teknologi teleskop semakin meningkat, beberapa faktor lain juga turut dipertimbangkan. Beberapa di antaranya adalah komposisi atmosfer dari planet tersebut, dan seberapa aktif bintang yang diputari planet. Lalu, planet apa saja yang mirip dengan bumi?

Gliese 667Cc

Exoplanet ini berjarak tepat di 22 tahun cahaya dari planet bumi. Untuk ukuran sendiri, Gliese 667Cc sekitar kurang lebih 4.5 kali sama besarnya seperti bumi. Akan tetapi, para peneliti masih tidak begitu yakin akan keadaan bebatuan dalam planet tersebut.

Planet ini mengorbit selama satu kali mengelilingi bintang initinya hanya dalam 28 hari. Akan tetapi, bintang tersebut sangatlah kecil dan memiliki suhu yang lebih dingin jika dibandingkan dengan matahari. Maka dari itu, planet ini dianggap berada dalam zona yang dapat ditinggali. Exoplanet ini ditemukan oleh teleskop European Southern Observatory yang berlokasi di Chili.

Kepler-22b

Kepler-22b berjarak di 600 tahun cahaya dari bumi. Planet ini merupakan planet Kepler pertama yang ditemukan dalam zona yang dapat ditinggali dari bintang intinya. Akan tetapi, planet ini memiliki ukuran yang lebih besar dari bumi. Jika dibandingkan, Kepler-22b memiliki ukuran sekitar 2.4 kali lebih besar dari planet kita. Meski begitu, hingga saat ini para peneliti masih belum dapat memastikan apakah planet tersebut berbatu, cair, atau padat akan gas. Untuk waktu orbit sendiri, planet ini berputar sepanjang 290 hari.

Kepler-69c

Planet yang berjarak sekitar 2.700 tahun cahaya ini memiliki ukuran sekitar 70 persen lebih besar dari bumi. Sama seperti Kepler-22b, para peneliti masih kurang begitu yakin akan komposisi planet tersebut. Apakah planet berbatu, cair, atau bergas. Kemudian, Kepler-69c juga menyelesaikan satu orbitnya setiap 242 hari. Membuat posisi planet tersebut dalam sistem tata suryanya dapat dibandingkan dengan planet Venus. Selain itu, bintang inti dari Kepler-69c juga memiliki cahaya sebanyak 80 persen seperti matahari. Membuat planet tersebut berada dalam zona yang dapat ditinggali oleh manusia.

Kepler-62f

Planet ini memiliki ukuran sebesar 40 persen lebih besar dari bumi kita dan berjarak sekitar 1.200 tahun cahaya. Tidak hanya itu, Kepler-62f mengorbit bintang yang lebih dingin suhunya dibandingkan dengan matahari. Waktu yang dibutuhkan oleh planet ini untuk mengorbit adalah 267 hari. Hal ini membuat planet tersebut berada di zona yang dapat ditinggali.

Kepler-186f

Planet yang berjarak 500 tahun cahaya dari bumi ini memiliki ukuran sekitar 10 persen lebih besar dari bumi. Tidak hanya itu, planet berada dalam zona yang dapat ditinggali dalam bintang intinya, walaupun planet berada di zona paling luar dan berada di ujung zona tersebut. Kepler-186f mendapatkan ⅓ energinya dari bintang intinya, sama seperti bumi yang mendapatkan energi dari matahari.

Kepler-452b

Menurut pernyataan resmi dari NASA, planet yang baru ditemukan pada Juli 2015 ini disebut sebagai planet yang paling mirip dengan bumi. Bintang intinya tempat planet tersebut mengorbit dikatakan sangat mirip sekali dengan matahari, dan juga planet mengorbit pada zona yang dapat ditinggali. Selain itu, ukuran Kepler-452b juga 1.6 kali lebih besar dari bumi. Akan tetapi, jarak antara bumi dan Kepler-452b adalah 1.400 tahun cahaya.

Tags: , ,