Nissan Hadir Dengan Bola Golf Pintar

Nissan ProPilot Golf Ball

Bagi penggemar olahraga Golf, Anda pasti akan merasakan kepuasan tersendiri ketika sedang bermain Golf dan bola yang dipukul langsung masuk ke dalam hole. Kondisi teknologi yang semakin canggih, memengaruhi juga di aspek olahraga, salah satunya Golf. Tahukah Anda bahwa sekarang bola Golf memiliki kemampuan untuk bisa masuk sendiri ke hole?

Hal ini benar adanya loh! Perusahaan otomotif asal Jepang, Nissan, menciptakan bola Golf yang dapat berjalan sendiri ke lubang. Pada awal 2018 lalu, Nissan Global menerapkan sistem autonomous-driving yang bernama ProPilot ke perlengkapan sehari-hari seperti pintu, bantal, hingga sandal. Semua diterapkan pada sebuah penginapan tradisional di Jepang atau Ryokan. Sehingga pengaplikasian tersebut disebut dengan ProPilot Ryokan.

Mengutip dari Carscoops.com, saat ini Nissan mampu membuat para pemain golf pemula, menjadi pemain golf yang sudah mahir dalam waktu singkat, loh! Perusahaan ini mencoba membuat terobosan dengan menerapkan teknologi ProPilot ke bola Golf. Nissan melabelinya sebagai stress-free Golf atau Golf bebas stres.

Dalam sebuah video yang dilansir dari Digital Trends, menunjukkan seorang anak laki-laki yang beberapa kali melakukan hole-in-one. Istilah hole-in-one digunakan jika pemain berhasil memasukkan bola dari teeing ground ke dalam lubang dengan satu pukulan. 

Cara bola Golf tersebut berjalan sendiri ke hole, tidak terlepas dari teknologi kamera eksternal yang terhubung ke software sehingga dapat mencari dan menentukan letak lubang bola. Sementara itu, algoritma mengontrol mesin internal yang beroperasi sesuai dengan bagaimana keadaan arah awal bola dipukul.

Sebenarnya Nissan tidak berniat untuk masuk ke pasar olahraga. Penciptaan bola Golf ini hanya merupakan upaya pemasaran yang dibuat untuk menyoroti teknologi di balik sistem kemudi otonom ProPilot 2.0 yang akan segera hadir di Jepang dengan mobil model Skyline. Sedan bertenaga tinggi tersebut dipasarkan di Amerika Serikat sebagai Infiniti Q50.

ProPilot Assist, sebagai versi terdahulu dari ProPilot 2.0 diinformasikan menjaga mobil di tengah jalur jalan raya, dan pada jarak aman dari kendaraan di depan, namun pengemudi harus tetap bersiaga mengambil alih kemudi setiap saat. 

Sementara ProPilot 2.0 diyakini akan menawarkan manfaat tambahan yang mencakup tingkat yang lebih dapat diandalkan, tanpa intervensi dari pengemudi. Ia dapat mengubah jalur dan panduan untuk jalan keluar. Sistem otonom tersebut dilengkapi dengan fitur seperti kamera, sonar, radar, GPS dan data peta 3D.

Bagaimana tanggapan Anda terhadap terobosan baru dalam aspek teknologi yang dilakukan oleh Nissan? Sangat canggih bukan? Nissan ingin memperkenalkan sistem autonomous-driving yang bernama ProPilotnya ke masyarakat di seluruh belahan dunia. Mulai dari produk yang sering digunakan sehari-hari hingga kini yang terbaru sudah menyentuh bidang olahraga yaitu menciptakan bola Golf yang bisa berjalan sendiri ke hole. Selain itu berkat inovasi Nissan ini, pemain Golf yang masih pada level newbie bisa terlihat sebagai pemain Golf pada level pro. Salut!